Reog dan Sisi Gelap Gemblak

GemblakMungkin sebagian dari Anda baru mengenal Reog Ponorogo setelah digembar-gemborkan oleh media. Tak di-claim maka tak kenal, tak di-claim maka tak sayang, ironis namun memungkinkan untuk bertrimakasih kepada Malaysia yang “mengingatkan” kita dan pemerintah untuk segera mematenkan aset-aset kearifan bangsa ini.
Jika Anda sudah pernah melihat pertunjukan Reog, mungkin Anda terpesona oleh tarian wanita cantik yang mengiringi amuknya Reog, namun tahukah Anda, bahwa dahulu tarian cantik itu dibawakan oleh penari laki-laki. Penari laki-laki ini disebut “Gemblak”, yaitu laki-laki berumur 12-15 tahun berparas tampan dan terawat yang dipelihara oleh “Warok” (sosok yang di dalam pentas berperan sebagai pengawal/punggawa raja Klana Sewandana). Bahkan Gemblak kerap lebih disayangi ketimbang keluarga sang Warok sendiri.
Para Gemblak ini sangat dimanjakan, mereka tidak disuruh melakukan hal-hal lain selain menari dan melakukan hubungan seksual sejenis dengan Warok yang memeliharanya. Bagi para Warok, memelihara Gemblak dipercaya mampu mempertahankan kesaktian Warok itu sendiri. Selain itu juga, ada kepercayaan kuat di kalangan Warok, hubungan intim dengan perempuan biarpun dengan istri sendiri, dapat melunturkan sesaktian mereka.
Saat ini memang sudah terjadi pergeseran yang berkaitan dengan Gemblakan. Di masa sekarang Gemblak sulit ditemui. Tradisi memelihara gemblak kini makin luntur, namun kembali kita tidak dapat mengelak dari kenyataan yang dianggap tabu tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s