Mumi Toraja

TorajaAdat Toraja selama ini memang dikenal mengagungkan mayat. Prosesi penguburan jenazah bisa lebih semarak dibandingkan upacara pernikahan anggota masyarakat adat mereka. Biaya pesta penguburan bagi seseorang yhang berkhasta tinggi bisa mencapai  1 milyar rupiah bahkan lebih. Dana sebesar itu dipakai untuk membeli babi, kerbau, membangun pemondokan pesta, dan pernak-pernik upacara lainnya. Jika dana tak kunjung memadai untuk semua itu, jenazah bisa disimpan selama satu sampai dua tahun sebelum dikubur.

Masyarakat Toraja terliohat terobsesi pada maut,  kematian bagi mereka adalah pencapaian dalam  kehidupan yang abadi. Ritual penguburan dipahami sebagai ritual penebusan dosa dan pembersihan dari rasa takut. Oleh karena itu masyarakat Toraja memegang teguh prinsip bahwa “Hidup manusia adalah untuk mati”, artinya setelah mati manusia akan menuju kehidupan yang kekal di  nirwana atau “Puya” dalam bahasa Toraja. Untuk mencapai Puya itulah seseorang yang mati harus membawa bekal harta sebanyak-banyhaknya. Nyawa orang yang meninggal juga akan diantar ke surga melalui pesta yang semarak tersebut. Memestakan penguburan juga dinilai sebagai upacara perayaan penyembuhan mayat tersebut.

Kuburan kuno dalam dinding dingin cadas juga diyakini sebagai representasi surga. Semakin banyak benda yang dibawa sang mayat maka semakin bahagia hidupnya di alam baka. Keluarga-keluarga kaya biasanya menyertakan emas dan perhiasan dalam kubur leluhur mereka. Sebuah kubur batu biasanya disiapkan hingga berbulan-bulan. Setelah siap, di beranda kubur itu diletakkan “Tau-tau” sebagai sarana mengingat jenazah.

3 pemikiran pada “Mumi Toraja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s