Koperasi Tarakan Diklasifikasikan

Lambang_Kota_TarakanTarakan adalah kampung halaman saya, menjadi kewajiban bagi saya untuk selalu mengupdate artikel mengenai perkembangan koperasi di pulau kecil itu.

Saat ini sebanyak 72 koperasi yang berada di Tarakan sudah mulai di klasifikasi oleh Disperindagkopin, pelaksanaan klasifikasi koperasi itu sendiri didesain untuk melakukan pembinaan dan evaluasi terhadap kinerja koperasi serta dalam upaya mewujudkan ending goals visi misi Kementrian Koperasi dan UKM yaitu untuk menciptakan 70.000 koperasi berkualitas dan 6 juta wirausaha baru se-Indonesia sampai dengan 2009. Dan visi ini sejalan dengan visi Kota Tarakan sebagai Kota pusat pelayanan, perdagangan dan jasa, seperti diungkapkan oleh Drs.H. Masdar Zemy, M.Si selaku Kepala Disperindagkopin Tarakan pada acara penyerahan sertifikat kepada tujuh koperasi yang berpredikat baik pada hari rabu kemarin (28/12).

Penilaian klasifikasi ini mengacu kepada keputusan Mentri Negara Koperasi dan UKM RI Nomor : 129/KEP/M.KUKM/XI/2002. Dengan penilaian klasifikasi koperasi kita akan dapat meengetahui dengan sesungguhnya kondisi riil dan anatomi koperasi yang bersangkutan, apakah berkualitas, kurang sehat, sakit ringan atau sakit parah.

Pelaksanaan klasifikasi koperasi di Tarakan dalam tahun 2005 berdasarkan pada kegiatan bidang koperasi Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dengan jumlah Koperasi yang diklasifikasi sebanyak 72 koperasi atau 40,45% dari 132 koperasi yang aktif. Dan bagi koperasi yang belum dilakukan penilaian klasifikasi akan diprogramkan pada Tahun Anggaran yang akan datang.

Berikut daftar peringkat dari 72 koperasi yang diklasifikasi dengan penilaian apa adanya dan fair play di Kota Tarakan:

Peringkat A, sangat baik (nilai 85 – 100) : belum ada. Peringkat B, baik (nilai 70 – 84) : 7 koperasi. Peringkat C, cukup baik (nilai 55 – 69) : 34 koperasi. Peringkat D, kurang baik (nilai kurang dari 55) : 31 koperasi. Penilaian Koperasi ini berlaku untuk jangka waktu dua tahun.

disunting dari : Harian Radar Tarakan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s