“SHARIA ECONOMIC FORUM” Memperjuangkan Ekonomi Syariah di Universitas Gunadarma

Apa itu SEF ?

Sharia Economic Forum adalah kelompok mahasiswa yang secara legal sebagai Badan Semi Otonom di dalam BEM Fakultas Ekonomi Univ. Gunadarma, yang memiliki fungsi sebagai wadah pengkajian dan publikasi Ekonomi Syariah di Universitas Gunadarma.

Organisasi ini bersifat terbuka, dalam arti mahasiswa yang tertarik terhadap ekonomi syariah, ingin mempelajarinya, dan siap untuk berjuang mensyiarkannya insya Allah dapat bergabung menjadi anggota. Organisasi ini juga tergabung di dalam ikatan silaturahim skala nasional yaitu FOSSEI (Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam)

Sejarah

Berawal dari ide brilian para alumni yang mengadakan sebuah acara berbasis ekonomi syariah yaitu G-SENT (Gunadarma Sharia Economic Event) pada tahun 2004 yang dinilai cukup berhasil oleh pihak kampus karena dapat menarik minat mahasiswa yang tinggi untuk hadir dalam kegiatan tersebut. Kesempatan itu tidak disia-siakan oleh mereka untuk membentuk sebuah lembaga yang dapat mengakomodasi minat teman-teman mahasiswa dalam bidang ekonomi syariah. Maka tercetuslah sebuah nama yaitu FKEI (Forum Kajian Ekonomi Islam) namun belum disahkan oleh pihak kampus. Barulah pada masa BEM FE periode 2005-2006 yaitu Panji dan Vicky, lembaga tersebut dideklarasikan pada bulan Januari 2006 oleh Pudek III yaitu Bapak Budi Prijanto dengan sebuah nama baru yang cukup indah didengar “SEF” (Sharia Economic Forum). Saat ini, di bawah kepemimpinan Sdr. Aulia Reza Utama, SEF terus berusaha membesarkan organisasinya yang baru seumur jagung.

Saat ini, di bawah kepemimpinan Sdr. Aulia Reza Utama, SEF terus berusaha membesarkan organisasinya yang baru seumur jagung.

Problema

Masalah klasik keumatan yaitu kualitas SDM dan soliditas para prajuritnya juga kerap dirasakan di dalam tubuh SEF. Hal ini disebabkan oleh kurangnya penghayatan akan spirit lillahita’ala. Spirit ini seharusnya menjadi ruh yang menggerakan umat untuk mensyiarkan kejelasan antara yang haq dan yang batil.

Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang mungkar, merekalah orang –orang yang beruntung

(Qs.Al Imron:104)

Yang dapat diperjuangkan saat ini oleh SEF adalah pembentukan Manajemen Syiar yang efektif dan efisien, serta pengadaan fasilitas-fasilitas yang dapat menyokong kegiatan syiar, seperti ruang sekretariat, komputer, dll.

Tidak dipungkiri, SEF yang baru seumur jagung ini sangat membutuhkan dukungan teman-teman mahasiswa untuk menjadikan SEF yang lebih terpercaya dan profesional dalam mengkampanyekan Ekonomi Syariah di Universitas Gunadarma.

Ayo join grup FB kami!

Sharia Economic Forum Univ. Gunadarma

Humas SEF : 0856 9 11 33 11 5

Posted also at :

http://ekonomisyariah.blog.gunadarma.ac.id/

Satu pemikiran pada ““SHARIA ECONOMIC FORUM” Memperjuangkan Ekonomi Syariah di Universitas Gunadarma

  1. assalamu alaikum wr wb,,,saya senang dengan adanya team ini .artinya sudah ada yang mulai peduli di kalangan muda terutama mahasisw/i indonesia ..kl bisa jangan hanya sampai kajian di uv aj..lanjutkan team ini sampai keluar uv agar perkonomian dengan sistem islami kembali berkibar…!!
    wassalam…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s