Apresiasi UUD 1945 Pasal 28 C Ayat 1

“Setiap orang berhak mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya, berhak mendapat pendidikan dan memperoleh manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya, demi meningkatkan kualitas hidupnya dan demi kesejahteraan umat manusia”

Siapa yang tidak setuju dengan relevansi ayat  di atas melihat prasyarat kualitas manusia modern dalam dunia global yang semakin kompleks. Kebutuhan akan manusia yang berkualitas dan mampu menyalurkan serta memanfaatkan potensinya untuk kesejahteraan umat manusia. Ini adalah syarat mutlak yang harus diupayakan oleh bangsa ini guna mengembalikan kehormatan bangsa di mata dunia.

Segala unsur bangsa harus memiliki kesadaran akan kebutuhan itu dan juga memahami bagaimana kualitas manusia Indonesia hari ini. Namun tak dipungkiri bahwa ini semua membutuhkan partisipasi pemerintah yang lebih dominan sebagai fasilitator yang mengawali ini semua.

Bagaimana mungkin seorang pemuda berbakat dpt mengembangkan diri dengan pemanfaatan IPTEK, seni dan budaya, sedangkan desa tempat tinggalnya belum terjamah listrik sama sekali, tidak ada pelayanan kesehatan yang memadai, dan pendidikan yang berkualitas. Orang-orang di desa itu bukannya miskin potensi, melainkan miskin relasi dan koneksi, kemiskinan yang menghambat pengembangan diri, kemiskinan yang harus segera kita atasi bersama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s