Apresiasi UUD 1945 Pasal 28F

“Setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia.”

Jika kita kembali ke masa Orde Lama tempo dulu, betapa pasal ini dilanggar habis-habisan, rakyat dibuat bungkam mengangguk-angguk membenarkan apa yang diperbuat oleh para pemimpin mereka. Ketika segala informasi terseleksi dan terekayasa, ketika para pengumpul berita tidak pernah bisa tidur nyenyak khawatir esok nyawanya meregang karena pena mereka. Sampai akhirnya sampailah bangsa ini sampai pada terangnya, reformasi, pelan-pelan menuju kebebasan pers yang beretika.

Hari ini kita hidup pada masa bebasnya lisan tuk berpendapat, jemari mengisi kalimat demi kalimat di surat kabar dan buku-buku. Segala informasi dapat terakses lewat berbagai media, setiap orang berhak tuk berkomunikasi dengan bebas, menyampaikan pendapat sebagai bagian dari publik yang turut mengawasi mereka yang duduk di kursi atas.

Kerja keras kita hari ini bukan lagi memperjuangkan agar hak-hak berpendapat dapat terpenuhi, melainkan agar hak-hak kita yang sudah terpenuhi hari ini dapat terus terjaga, yaitu dengan cara menjaga kepercayaan masyarakat bahwa kebebasan berpendapat itu baik, jangan sampai masyarakat justru memandang kebebasan ini mengancam keterjagaan moral dan norma dalam masyarakat. Kebaikan itu harus diupayakan dengan cara-cara yang baik, agar kebaikan tetap dipandang sebagai sesuatu yang menghasilkan kebaikan lagi ke depan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s